Saturday, September 1, 2012

Air cucian beras~

Hello everyone!

Walaupun ini luar biasa terlambat, tapi gue mau ngucapin selamat lebaran bagi kaum muslim yang merayakan! \=D/

Musim lebaran bagi gue adalah musim kerja bakti di rumah, ngga lain ngga buka dikarenakan ditinggal asisten rumah tangga pulang ke kampungnya. Daaaaaan, asisten rumah tangga rumah gue ini spesial, dia udah terbiasa pulang (biasanya) h-3 hari sebelum lebaran dan balik lagi ke rumah sekitar 2-3 minggu setelah lebaran. Gue rasa jatah liburan dia harus disebut sebagai libur pasca lebaran, Nampak menyenangkan ya, fuh~ selamat istirahat mbaaa~

Kerja bakti di rumah itu sebenernya sederhana banget dan kerjaannya hampir bisa dihafal diluar kepala. Mungkin badan gue udah hafal sendiri tanpa harus dikasih tau harus ngapain aja.. yah, berhubung ini semacam rutinitas satu tahun sekali selama belasan tahun mihihi.

Tapi belakangan ini, gue baru mendapatkan satu keajaiban dari bekerja bakti dirumah!

Berhubung keluarga gue orang Indonesia yang doyan nasi, jadi tiap hari udah pasti masak nasi. Naaaaaah, waktu nyuci beras, air cucian beras ini jangan dibuang ya.. soalnya banyak manfaatnya, seriously!

  • Dapat menghilangkan buras (semacam panu/jamur). Caranya: tampung air bekas cucian beras terus biarkan sampe mengendap habis itu oleskan hasil endapan (pati) pada bagian yang terkena buras. Lebih bagus kalo dipake saat malam hari
  • Mengatasi jerawat. Ini manfaat yang paling gue suka dari air cucian beras. Caranya gampang loh! Cuci muka pake air leri, habis itu diamkan selama 5-10 menit bilas dengan air hangat/air biasa. Biasanya gue bersihin muka lagi pake facial foam :3 efeknya wajah jadi lebih cerah dan bekas jerawat lama-lama hilang.
  • Air cucian beras juga bisa digunakan sebagai pupuk tanaman yang dapat menyuburkan dan merangsang pertumbuhan tanaman. Siram ke tanah disekitar tanaman dan jangan siram air cucian beras ini ke bagian daun ya, soalnya dapat menimbulkan bercak putih.
  • Endapannya bisa digunakan sebagai masker wajah.

Sesuatu yang mungkin kita anggep kotor sebenernya bermanfaat juga loh. Super ya~

Oh ya, air leri ini kalo diendapkan lebih dari satu hari akan berbau sedikit asam, trus agak lengket kaya yakult. Tapi so far selama gue pake ini untuk cuci muka ngga bermasalah kok. Untuk beberapa orang mungkin bau-nya ini yang bikin ilfeel.. Selamat mencoba ya, guys!

By the way, bagi kalian yang bekerja bakti, gue saranin jangan pake kuteks ya ketika beraktifitas karena kuteks bisa terkikis akibat kerjaan super yang kita lakukan. beneran loh, udah ada korbannya. Korbannya adalah.. gue :'


kuku jari kiri yang masih unyu...

dan kuku jari kanan yang berubah jadi............





No comments:

Post a Comment