Thursday, June 21, 2012

Pancake-Panekuk-Apple

Tema malam ini adalah Mari memasak! :D

Sesuatu yang mudah dibuat dan enak itu adalaaaaaaaah Pancake. Dari asas kesotoyan mengunduh resepnya mbah gugel, didapat bahwa bahan-bahan yang diperlukan untuk bikin Pancake itu:
- Tepung terigu 100 gr
- Susu 250 ml
- Telur
- Garam secukupnya
- Gula pasir (bila perlu)
- Margarin untuk mengoles
Untuk toping bisa memakai sirup maple, madu, ataupun es krim. Sesuai selera kamu aja :)

Aku memakai bahan-bahan ini:

Cara bikinnya:
- Pisahkan kuning telur dan putih telur. Kocok tepung terigu, susu, kuning telur, dan garam (adonan pertama). Tambahkan gula kalau misalnya ingin pancake dengan hasil yang lebih manis.
- Kocok putih telur secara terpisah hingga berbusa
- Campurkan perlahan putih telur kedalam adonan pertama. Jangan langsung dicampur semua ya, tapi sedikit-sedikit sembari tetap dikocok :)
- Panaskan wajan dengan api sedang, beri margarin
- Tuang 1,5 - 2,5 sendok sayur adonan, tutup. Balik adonan ketika sudah terlihat berpori-pori
- Setelah menguning, angkat
- Siap disajikan :)

Kalo dari mbah gugel kelihatannya mudah ya bikinnya, tapi berhubung aku jarang banget didapur, maka proses bikin pancake ini murni kesotoyan. Hasil adonan yang gue bikin bentuknya semacam ini (sudah dicampur dengan putih telur)
Karena dirumah ngga ada sesuatu yang bisa dijadikan toping, maka gue memarut apel malang untuk dijadikan topingnya LOL
Pancake Apel versiku

Hahaha terlihat biasa saja ya~ ini pancake buatan gue yang pertama kali selama masa kuliah, woohoo. Mohon dimaklumi ya kalau ada salah-salah dalam pembuatannya :D

Seperti tadi gue udah bilang, berhubung dirumah ngga ada toping, jadi gue mencampurkan apel ke dalam adonan yang sedang dimasak (super sotoy hahahaha) dan menambahkan sedikit diatas pancake yang sudah matang sebagai toping. Setelah matang, rasa apelnya masih ada dan sedikit juicy ketika digigit. Not bad. LOL

Kesalahan gue adalah menuang 3 sendok sayur, sehingga adonan jadi lebih tebal dan matangnya ngga merata. Selain itu, karena teflonnya lengket, maka ditengah-tengah memasak gue mengganti margarin dengan minyak rendah kalori (itu sebabnya pancake terlihat berminyak difoto). Next time semoga pancakenya lebih enak mihihi~

Selamat mencoba \=D/

No comments:

Post a Comment