Friday, June 22, 2012

How-to-cook: Fried Oreo

Aloha!

Gue kembali main ke dapur dan kali ini yang gue bikin adalah Oreo Goreng. He-eh, Oreo digoreng. Apa rasanya? Yuk mangga disimak ;)

Puji Tuhan tingkat kesotoyan gue sedikit berkurang, kali ini gue ngga minta mbah gugel buat ngasih tau resepnya, melainkan mendapat resep dari temen baik gue yang memang jago masak: Miss Jece. Resep Oreo Goreng yang ini dibikin hemat supaya kantong anak kostan ngge jebol, dan nilai plusnya yang paling gue suka adalah: tingkat kegagalannya dikit banget, jadi orang yang ngga pandai masak kaya gue pun bisa bikinnya loh (makin semangat '45 berantakin dapur) woohooo

Bahan yang dibutuhkan:
  1. Tepung terigu 100 - 120 gram
  2. Air mineral
  3. Oreo berbagai rasa (Rasa coklat dan strawberry adalah yang direkomendasi sama Miss Jece)
  4. Vanili cair/vanili kristal (Jangan terlalu banyak dipakai ya, katanya bisa jadi pait)
  5. Margarin (Blue Band yang paling disarankan)
Cara bikinnya:
  • Lelehkan 3 sendok makan margarin, dinginkan
  • Sementara itu, campur tepung terigu dan vanili (dalam kasus gue, gue mencampur sekitar 100 gram tepung terigu dengan 1 sachet Vanili)
  • Masukkan lelehan margarin ke dalam tepung terigu, kocok
  • Tuang air sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kental (jaga konsistensi adonan jangan terlalu cair ataupun terlalu kental)
  • Celupkan oreo ke dalam adonan
  • Goreng hingga adonan tepung berubah menjadi kecoklatan
  • Angkat, sajikan :D
Naaaaah, kebetulan didalam kulkas masih ada Oatmeal Instan bapake.. setelah oreo dimasukkan kedalam adonan, gue taruh dan guling-gulingin si oreo penuh adonan itu ke Oatmeal Instan trus digoreng


Tekstur Oreo Goreng ini dari luar terlihat keras, tapi sebenarnya waktu digigit lembut dan empuk loh, ditambah dengan coklat oreonya yang melted.. enak banget!

Gue mencoba menggoreng oreo-nya ngga terlalu lama, hasilnya jadi ngga terlalu empuk dan rasa oreo-nya juga ngga meluber didalam mulut, cocok buat kamu yang pengen dapet rasa renyah. Bisa juga nyobain modifikasi oreo goreng ini dengan ditambah oatmeal instan seperti yang gue bikin, hasilnya crunchy diluar tapi empuk didalam, agak sedikit pahit sih... mungkin akan lebih enak kalau dikasih saus caramel atau coklat. Next time gue mau nyoba bikin dengan beberapa topping itu :9

Selain adonan diatas, bisa juga pakai adonan pancake apel, ketika digoreng oreo-nya mengembang mirip dorayaki, tapi setelah ditiriskan kempes lagi hahaha, dari segi rasa ngga terlalu berbeda kok. Oreo goreng ini cocok dimakan sore-sore sebagai cemilan ataupun temen ngobrol dan nonton tv, selamat mencoba kakaa ^^

No comments:

Post a Comment